Jombang. Dalam rangka mempersiapkan penerapan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024 madrasah yang mempunyai jargon “Bersama Meraih Prestasi” ini menggelar Workshop  Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 26-28 April 2023. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan di gedung MTsN 9 Jombang dan diikuti seluruh guru MTsN 9 berlangsung penuh semangat.

Workshop dibuka langsung oleh Abdul Haris, S.Pd selaku Kepala Madrasah MTsN 9 Jombang.

Dalam sambutannya Abdul Haris mengungkapkan bahwa Workshop IKM ini dilaksanakan sebagai persiapan penerapan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024 yang tinggal beberapa bulan lagi.

Hadir sebagai nara sumber pada workshop IKM Dr. Darmani M.A. Widya Iswara dari Balai Diklat  Keagamaan Surabaya  dan Pengawas Pendamping Madrasah Darlis M.M.Pd. .

Hari pertama ( 26/04/2023) Darmani menyampaikan materi tentang  Konsep Dasar Kurikulum Merdeka , CP, TP, ATP, dan Modul Ajar. Assesmen/penilaian dan diakhiri dengan praktik pembuatan modul ajar  secara mandiri.

Pada hari kedua (27/04/2023) Bapak Darmani meyampaikan materi tentang  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rohmatal lil Alamin (P5RA) dan model model pembelajaran.

Sebagai penutup di hari ketiga (28/04/2023) hadir pemateri dari Pengawas Pendamping Madrasah Bapak Darlis M.M.Pd. menyampaikan materi tentang Regulasi dan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Whorkshop IKM dikuti dengan sangat antusias, menyenangkan dan penuh kesan karena dalam penyampaian materi kedua narasumber menyampaikan materi dengan kemasan yang segar dan menarik.

Tujuan dilaksanakan Workshop IKM  ini diharapkan  mampu memahami esensi Kurikulum Merdeka beserta pelaksanaan teknisnya sehingga seluruh guru MTsN 9 Jombang nantinya lebih siap dalam melaksanakan pergeseran dari Kurikulum 13 menuju Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024. (UH)

Leave a Comment